Mengumandangkan Adzan di Rumah


Salah satu khasiat Adzan adalah dapat mengusir syaitan atau jin. syaitan akan lari terbirit-birit ketika mendengar suara Adzan. Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Apabila adzan dikumandangkan, syaitan lari terkentut-kentut sehingga dia tidak mendengarkan adzan.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Maka dianjurkan agar kelak di dalam rumah juga dikumandangkan adzan. sejalan dengan waktu pada saatnya nanti kita pasti ingin hidup berkeluarga dan ingin memiliki rumah sendiri kan..πŸ˜† Oia, tidak ada salahnya mengumandangkan Adzan di dalam rumah, walaupun kita tengah sendirian, karena hal itu bisa berfungsi untuk mengusir syaitan. Tentu tidak harus dengan suara yang keras, tapi sekedar dengan suara yang bisa didengar oleh penghuni rumah.

Setiap Adzan yang kita kumandangkan akan didengar oleh semua makhluk sejauh suara kita, dan tidak terkecualiΒ  pula para malaikat Allah. Dan mereka yang mendengarnya kelak akan menjadi saksi atas adzan kita. sabda Rasul saw. menjelaskan, “Seorang muazin diampuni sejauh suaranya, dan menyaksikan untuknya setiap yang basah dan yang kering.” (HR. Ahmad, Abu Daud, nasa’I, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah).

Pengertian ‘setiap yang basah dan yang kering’ adalah memuat segala sesuatu yang ada di alam ini, karena tidak ada sesuatupun di alam ini yang bisa lepas dari salah satu sifat keduanya. Dalam riwayat yang lain dijelaskan, “… tidaklah mendengar suaranya, dari pepohonan, tanah, bebatuan, jin, dan manusia…” (HR. Ibnu Khuzaimah).

selain itu, adzan juga bisa mengundang doa dan istighfar makhluk, termasuk para malaikat. para malaikat yang mendengar suara Adzan akan mendoakan ampunan kepada kita..

“Diampuni seorang muazin sejauh seruannya, dan memohonkan ampunan untuknya setiap yang kering dan yang basah yang mendengar seruanya.” (HR. Ahmad).

Lebih dari itu, Adzan yang dikumandangkan di rumah akan mendatangkan ketenangan, kebahagiaan, dan keberkahan di dalamnya. Di riwayatkan bahwa Hisyam bin Ibrahim mengadukan sakitnya pada Abi Hasan Ridha dan ia juga belum dikaruniai seorang anak. Maka beliau menyuruhnya agar menyerukan suara adzan di rumahnya. Ia berkata, “Maka aku melakukan hal itu, kemudian Allah menyembuhkan sakitku dan anakku menjadi banyak.”

πŸ™„πŸ™„ ini bukan berarti kita harus sholat berjama’ah di rumah lho ya…πŸ˜‰ sholat berjama’ah di masjid lebih utama dan lebih baik, akan tetapi tidak merupakan suatu masalah jika kita adzan dan sholat sendiri/berjama’ah di rumah jika memang rumah kita jauh dari masjid ataupun mushola..πŸ™‚

3 thoughts on “Mengumandangkan Adzan di Rumah

    • hmm.., setelah saya bertanya kepada orang yang lebih dalam pengetahuan agamanya, ternyata tidak ada keshohihannya. wah.. ternyata buku yang Ane kutip ini sedikit tidak jelas..πŸ˜†πŸ™„ Terma kasih banyak masukannya Mas..πŸ™‚ saya tunggu masukan-masukannya lagi.πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s