Jilbab VS Kerudung ??


Indonesia berpenduduk muslim terbanyak, lihat link ini Hmm..πŸ™„ berarti banyak juga donk yang memakai jilbab atau kerudung?πŸ™„ πŸ™„ itu sih tergantung pada masing-masing dirinya sendiri..πŸ˜† klo aku sih cuma memberitau lewat tulisan ini.., tapi ngomong-ngomong apa sih bedanya kerudung atau jilbab?πŸ™„πŸ™‚ memang beda jilbab dengan kerudung?πŸ™„πŸ™„ Beda, jilbab atau hijab adalah pakaian muslimah yang menutupi auratnya secara sempurna dari ujung rambut-nya hingga telapak dan jari kakinya. Sedangkan kerudung atau kudung, yang dalam bahasa arabnya khimar (jamak: khumuur) adalah bagian dari jilbab, yakni kain yang menutup rambut, telinga, leher, punggung dan dada. Namun ditengah masyarakat dua hal itu dikira sama, sehingga banyak yang mengira dirinya sudah memakai jilbab. Padahal belum tentu. Meski kepala dipakaikan kerudung, tapi kalau kerudungnya tidak diulurkan hingga menutupi bagian dadanya, serta baju yang dikenakan ketat hingga menampakan lekuk tubuhnya, maka sebenarnya dia belum dapat dikatakan menggunakan jilbab. Kalaupun tetap mau dikatakan menggunakan jilbab, maka tetap dikatakan jilbabnya tidak sempurna.πŸ™„ lho kok tidak sempurna sihπŸ™„ ?? coba deh kita perhatikan firman Allah dan tafsirnya sebagai berikut:
β€œHai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
[1232] Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada.
Oh iya, aku pernah dengar celoteh dari seseorang β€œhati gue aja belum berjilbab, ntar klo sudah siap baru aku pakai jilbab..β€πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† hehehe.. emang ada ya hati pakai jilbab?πŸ™„πŸ˜† menurut aku, sebenarnya semua dari niat, klo emang niat pake jilbab, niat menjaga hati, dan ingat β€˜kewajibannya’, Insyaallah.., yah meskipun ada yang menggoda karena selama ini sudah terbiasa tidak menggunakan jilbabπŸ™‚ tapi, semua itukan sudah Allah perintahkan.., tinggal menjalani perlahan-lahan..πŸ˜†πŸ™‚πŸ™„πŸ™„

2 thoughts on “Jilbab VS Kerudung ??

  1. klo definisi bahasa kata temenku yg dari Jeddah dan sekolah di sma ku, jilbab itu adalah pakaian longgar yang menutup badan hingga ke bawah.
    sementara untuk menutupi kepala, dipakailah kerudung. (bc: khimar).

    tinggal ngikut yg wajib cadar atau yg kecuali muka, silakan saja.πŸ˜€

    tp klo menurut Quraih Shihab, jilbab itu pakaian sopan. penjelasan yg ngawur dalam hal ini.πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s