Atraj-Jeruk Sitrun


Jeruk Sitrun tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).

Berikut ini adalah gambar buah sitrun Spanyol

Dan ini adalah gambar Buah sitrun Thailand

Telah dikatakan  tentang Nabi saw. bahwa beliau suka memandang jeruk sitrun. Beliau mengatakan, “Buah sitrun adalah seperti seorang Mukmin sejati. Rasanya manis dan baunya harum.” Ini adalah hadis yang diakui dan diambil dari al-Bukhârî

Sitrun yang asam rasanya bersifat dingin dan kering. Darinya dibuat air perasan jeruk, yang baik untuk perut yang panas. ia juga memperkuat dan menggembirakan hati, merangsang selera makan, memuaskan dahaga, mengenyangkan rasa lapar, menyembuhkan diare yang timbul dari kandungan empedu, serta mengenyahkan semua diare empedu dan getaran hati. ia mengurangi kesedihan dan kesendirian. ia menghilangkan noda tinta dari pakaian dan noda-noda hitam di wajah.

Bagian dari buah sitrun yang kuat dan berwarna putih bersifat dingin dan sulit dicerna. bagian ini tidak baik buat perut, dan memakannya akan mengakibatkan perut mulas.

Biji, kulit, daun, dan bunga sitrun bersifat panas dan kering. Biji sitrun ini mengandung zat dan berkhasiat sebagai penawar racun. Jika dua mitsqal (satuan ukuran berat, kira-kira sama dengan 4,5 gram-peny.) biji sitrun di Giling dan dibubuhkan pada bagian tubuh yang disengat kalajengking, maka ia akan menjadi obat yang berkhasiat dan bermanfaat. Khasiat biji sitrun pun jika diminum, mereka akan membantu melawan semua jenis racun. Kulit yang warna kuning dipakai untuk membuat sirup sitrun. sirup ini mempunyai manfaat dan khasiat dalam kasus perut mulas, memperkuat nafsu seksual dan merangsang selera makan. khasiatnya juga menghilangkan angin, meskipun untuk tujuan itu daun-daun sitrun lebih kuat dan lebih menyenangkan. Bau sitrun juga membersihkan wabah dan udara kotor.

Masruq mengatakan, “Suatu hari aku masuk ke dalam tenda ‘Â’isyah. Bersamanya ada seseorang laki-laki yang sama sekali buta. ‘Â’isyah sedang memotong buah sitrun untuknya, dan laki-laki itu memakannya dengan mencelupkannya ke dalam madu. Aku bertanya, ‘Siapa laki-laki ini?’ ”Â’isyah menjawab, ‘Dia adalah anak ibuku yang disembunyikan, yang telah diberi cacat ini oleh Allah dan Rasul-Nya saw.”

Adapun macam-macam jenis sitrun, dan historisnya ada di sini [Klik ini]

2 thoughts on “Atraj-Jeruk Sitrun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s