Batikh-Melon


Buah Melon berasal dari Mediterania, namun ada menyebutkan bahwa berasal dari Lembah Persia (Syria), catatan tentang melon bahkan ada di Piramida Mesir Kuno 2400 SM.. kemudian tanaman ini menyebar luas Eropa, Amerika pada abad 16 dan sekarang sudah banyak di budidayakan di banyak negara. Buah melon ada berbagai macam varietas, dan Buah Melon yang sering saya jumpai adalah buah melon Reticulatus (melon yang biasa dikenal, kulit buahnya biasanya “berjala”) seperti ini:

Jenis buah melon yang berwarna hijau bersifat dingin dan basah, sedangkan yang berwarna kuning cenderung panas. Jika digunakan sebagai minyak tetes mata ia bisa membuat mata bercahaya. dan Obat gosok dari nya bisa membantu menghilangkan noda-noda hitam di wajah, terutama jika dibuat dari biji-bijinya. ia juga dapat membantu mengusir batu dalam ginjal dan kantung kemih. ia juga berfungsi sebagai obat pencahar bagi setiap cairan yang kebetulan ada dalam perut. Jika daging yang liat dimasak dengan kulit buah melon kuning, ia akan menjadi lunak.
Hadis-hadis berikut mengenai melon telah diriwayatkan:
Nabi saw. biasa makan buah melon bersama dengan kurma segar. Beliau bersabda, “Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin.” Hadis ini dicatat oleh at-Tirmidzî.
Masyar al-Masghani berkata, “Dahulu jika ayahku membeli melon, dia selalu mengatakan, ‘Hitunglah rusuk-rusuknya, anakku, sebab jika jumlah rusuknya adalah angka ganjil, berarti melon itu bagus dan matang. Artinya, ia adalah melon yang manis”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s