Zanjabil-Jahe


Jahe termasuk suku (temu-temuan), Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang popular sebagai rempa-rempah dan biasa digunakan sebagai obat. Ada yang memperkirakan asal jahe dari india dan juga pula berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Dari India,  dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah.

Jahe bersifat panas dan kering, ia mengandung ekses kebasahan. Jahe dapat membantu pencernaan, merangsang hubungan seks, dan menghilangkan angin. ia juga membuat lender yang kental menjadi lebih encer. Adonan bahan gula-gula yang dibuat dengan jahe bisa melemaskan perut.

penyajiannya yang biasa saya temui seperti kue kering jahe seperti ini resepnya [klik disini]  atau juga disini  [klik disini ], permen jahe, dan minuman hangat atau panas, yang paling sering saya temui di kota malang dan sekitarnya adalah STMJ (Susu Telor Madu Jahe) klo untuk resepnya sih sesuai selera saja J. Jahe disebut-sebut dalam Al Quran sebagai berikut: “Di dalam Surga itu mereka akan diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe” (QS 76:17). Untuk lebih lengkap khasiatnya juga ada di Ibu Jempol [klik disini]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s