Manajemen Strategi


                Apa sih manajemen strategi itu? seberapa perlukah manajemen strategi dalam suatu perusahaan?  Manajemen strategi merupakan suatu ilmu penyusunan dan perencanaan dengan seni penerapan dan pengevaluasian keputusan-keputusan yang bertujuan untuk mencapai target sasaran perusahaan. Menurut Fred R. David (2004) “manajemen strategis adalah seni dan pengetahuan untuk merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang membuat organisasi mampu mencapai objektifnya”. Sondag P.Siagian (2004:15): “Manajemen strategi adalah serangkaian keputusan keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi tersebut.” Istilah strategi semula bersumber dari kalangan militer dan secara populer sering dinyatakan sebagai “kiat yang digunakan oleh para jenderal untuk memenangkan sesuatu peperangan.” Bambang Hariadi (2005:3): “Strategi didasarkan jalan atau misi yang telah ditetapkan untuk menuju visi atau gambaran perubahan yang diinginkan.” Akan tetapi seiring perjalanan waktu dalam bidang olah raga sepak bola pun menggunakan strategi untuk mencapai “goal”.

              Dalam membuat strategi perusahaan hendaklah memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Menyusun Arah Perusahaan

dalam menyusun arah perusahaan hendaklah memperhatikan penetapan visi dan misi, divinisi bisnis, mengkomunikasikan visi dan misi, penetapan tujuan yang bernilai, tujuan jangka pendek dan panjang, menyusun strategi, strategi korposai, strategi bisnis, dan strategi fungsional, faktor-faktor yang membentuk strategi perusahaan, kekuatan dan kelemahan organisasi, peluang pasar dan ancaman serta pertimbangan sosial, politik, peraturan daya tarik industri dan persaingan.

2. Analisis Persaingan dan Industri

Analisis persaingan dan industri meliputi Analisis Lingkungan Pekerjaan dan industry, Analisis peta kekuatan, persaingan diantara sejenis perusahaan.

3. Analisis Intern

Dalam analisis intern mencakup analisis  kekuatan, kelemahan,  peluang dan ancaman, biasa disebut dengan “SWOTStrenght, Weakneses, Opportunities, and Threats. Identifikasi kekuatan dan kelemahan, identifikasi peluang dan ancaman, bagaimana biaya operasional da harga jual kompetitif, analisis biaya strategik  dan rantai nilai, core competitive dan competitive advantage, seberapa kuat posisi bersaing perusahaan, isu-isu strategis yang dihadapi perusahaan.

Proses manajemen strategis menurut Wheelen dan Hunger (1996 : 9),” proses manajemen strategis meliputi 4 elemen dasar, yaitu : (1) pengamatan lingkungan, (2) perumusan strategi, (3) implementasi strategi, dan (4) evaluasi dan pengendalian.” Berikut gambar proses manajemen strategi menurut Bambang Hariadi (2005:5):

*saran-saran tambahan: Bambang Hariadi (2005:195): “Dalam situasi ekonomi yang bagus, diversifikas tidak berkaitan dapat dibenarkan. Namun jika kondisi ekonomi kurang menguntungkan, strategi itu kurang menguntungkan, strategi itu mengandung resiko yang amat besar. Terbukti pada saat krisis menimpa Asia, banyak perusahaan konglomerasi di Thailand, Korea, dan Indonesia bertumbangan karena menjadi korban dari nafsu ekspansi yang tak terkendali. Jadi yang salah bukan karena usaha tumbuh membesar (Big is not beautiful) akan tetapi yang kurang tepat adalah karena mereka tumbuh tidak beraturan sehingga mengaburkan bisnis inti apa yang sebenarnya mereka geluti.”

“A manager should always explain his management strategies to his employees in easy to understand manner. A Company that does this well is a company that groves the late”

Isamu Yamashita

2 thoughts on “Manajemen Strategi

  1. alhamdulilah, sampai juga di blog ini, makasih telah berkunjung ke blog saya yang minim ilmu harga elektronik.blogspot.com.
    manajemen strategi memang sangat perlu di terapkan untuk mencapai suatu organisasi itu sukses di jalankan atau selebihnya yang membaca artikel ini akan bertambah ilmunya dan saya yakin pasti banyak manfaatnya. makasih sekali lagi atas kesudian saudara bertamu ke blogku. wasalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s